Menikmati Bonenkai di Hotel Salak, Bogor

Jepang memang sudah di hati para remaja kita. Demikianlah kemarin, Sabtu dan Ahad dua pekan lalu, saya menyaksikan itu semua di Hotel Salak, Bogor.  Para remaja Bogor, dan mungkin dari Jakarta dll tumplek di hotel tertua di kota Bogor itu. Berpakaian ala berbagai tokoh komik, film dll yang semuanya berkaitan dengan Jepang.

Nama acaranya Bonenkai.  Sudah beberapa kali acara ini digelar di sana dengan penyelenggaranya Bogor Hotel Institut, akademi perhotelan yang berkantor di hotel yang bertetangga dengan Kantor Wali Kota Bogor.  Jadi, para mahasiswa sekolah hotel  tersebut yang menjadi panitia, petugas, juri, petugas  keamanan dsb.

Aldin, anak bungsu saya, sudah “mengincar” acara ini sejak beberapa bulan lalu. Tujuannya sih hanya satu, ingin ikut cosplay –tampil seperti tokoh-tokoh dalam film/komik Jepang. Dia memilih tampil sebagai Shino tokoh dalam film/komik  Naruto. Saya pribadi tak begitu tahu perihal naruto-narutoan ini.

Maka sejak beberapa bulan silam, saya memesan kamar di Hotel Salak, hotel yang dibangun pada 1856 dan lokasinya tepat di depan Kebun Raya Bogor. Hotel ini memang dibangun Pemerintah Belanda untuk “menampung” tamu-tamu yang akan menghadap Gubernur Jenderal di Istana Bogor, kota yang waktu itu bernama Buitenzorg.   Dulu, di zaman Belanda, hotel ini bernama Binnenhof Hotel. Di zaman Jepang pernah dijadikan kantor Kempetai, polisi militer Jepang.

salak3

Dari sisi interior, walau dikategorikan “bintang empat”,   jauh dari mewah. Tapi lantaran hotel lama, maka prestisiusnya ya,   karena sejarah dan letaknya. Dari kebersihan kamarnya, saya nilai  cukup bersih. Dari jendela saya bisa menikmati kelebatan pohon-pohon di Kebun Raya. Bagi mereka yang hoby berkuliner, di waktu malam bisa jalan kaki ke kawasan Jembatan Merah yang penuh makanan dan minuman, juga buah-buahan.

Kebun Raya dan Halaman Istana Bogor dari Hotel Salak

Kebun Raya dan Halaman Istana Bogor dari Hotel Salak

Maka pada Sabtu dan Minggu itu, saya dan anak-anak keliling-keliling ke lantai satu dan seputar kolam renang yang sudah hiruk pikuk oleh para remaja yang memadati acara Bonenkai itu. Acaranya macam-macam. Dari lomba menggambar manga, menyanyi lagu Jepang, pameran berbagai hal tentang Jepang, hingga demo seni bela diri ninjitsu.

salak6

 

Rusa jadi korban tempat meletakkan baju/peralatan pengunjung

Rusa jadi korban tempat meletakkan baju/peralatan pengunjung

Padahal aslinya indah

Padahal aslinya indah

Puluhan stan berimpitan di koridor yang sudah sempit, menjual berbagai pernik-pernik Jepang hingga makanan khas Jepang. Pembeli dan penjualnya juga banyak yang berdandan “Jepang.” Dari sisi harga saya kira tidak mahal, sesuai kantong remaja –konsumen dan tamu yang datang.

salak11salak6

Aldin memang akhirnya ikut cosplay. Ternyata dia satu-satunya anak kecil, anak SD. Yang lain, para pelajar SMA atau bahkan sudah bekerja.  Mereka tampil dengan aneka baju yang benar-benar disiapkan dan saya kira biayanya ratusan ribu rupiah.

Saling menghias

Saling menghias

Begitu namanya disebut, dengan iringan musik yang sudah ia siapkan, Aldin maju ke tengah aula yang sudah disesaki penonton. “Lho ada anak-anak,” sejumlah penonton berkomentar. Mungkin heran, kok ada anak kecil ikut-ikutan acara itu.

salak4

 

salak10

 

Aldin melompat-lompat memperagakan gerakan pendekar, melemparkan pisaunya juga senjata-senjata rahasia (dari plastik) yang entah ia beli di mana. Beberapa penonton tertawa yang lain tepuk tangan.

Anak bungsu saya ini memang tidak menang –dan saya tekankan bukan kemenanganyang dikejar. Bagi saya  yang penting ia sudah melakukan yang ia sukai. Ia memiliki kepercayaan diri untuk tampil. Ia memiliki pengalaman yang ia ingin rasakan sendiri. Ia sendiri, saya lihat, sebenarnya  lebih antusias untuk mengajak foto sejumlah “kakak-kakaknya” yang berkostum aneh-aneh itu.  Ini foto-fotonya.

salak5

 

salak9

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s