Bogor Permai, Toko Roti yang Melintasi Zaman

Di Bogor ada sebuah toko roti legendaris. Legendaris, terutama,  karena namanya demikian terkenal di kalangan para orang tua  -yang umurnya di atas 70-an- , tinggal di Bogor atau pernah tinggal di Bogor. Nama tokonya: Bogor Permai, letaknya di Jalan Sudirman No. 23, tak jauh dari Istana Bogor dan Kebun Raya.

20150515_183748

Dari luar, gedung  tidak mencolok. Yang kelihatan, terutama, adalah justru banyaknya mobil parkir di depan toko itu. Maklum  selain di sebelahnya ada gedung pertemuan, di dekat toko Bogor Permai berderet gerobak makanan khas Bogor. Macam-macam makanan, termasuk asinan, tauge goreng, es dawet, ketoprak  dll. Jika pas jam makan siang, tempat ini, full. Penuh pengunjung dan kadang ada pula yang makan sembari berdiri.

Tapi, tentu yang terkenal di kalangan warga Bogor ya toko roti Bogor Permai itu. Toko ini berdiri sejak 1963 — dan konon Bung Karno dan istrinya,diam-diam,  kerap membeli roti dari toko ini.  Di zamannya, inilah salah satu toko roti paling top di kota Bogor. Berbagai macam roti ada di situ, dan paling terkenal adalah roti tawarnya. Langganannya para pejabat dan para orang kaya Bogor. Letaknya di jantung kota Bogor sudah menunjukkan di mana “kelas”  Bogor Permai itu.

20150515_183651

Yang istimewa, semua roti itu, dari dulu hingga sekarang, dibuat tanpa bahan pengawet. Itu pula yang menyebabkan banyak orang yang percaya pada jaminan kesehatan pada makanan made in  Bogor Permai ini.

20150515_204338

Saya beberapa kali mampir di toko ini. Tidak hanya roti memang yang dijual di sana. Ada juga makanan, tradisional Indonesia serta  Eropa. Saya menduga, adanya makanan Eropa karena restoran ini juga acap didatangi para pelancong dari, terutama Belanda, yang tampaknya mereka dulu pernah tinggal di Bogor. Di dalam restoran, yang bersih, memang disediakan sejumlah kursi dan meja untuk makan dan bersantai.

20150515_183709

Dari harga, menurut saya, tidak mahal. Bahkan lebih murah dari harga restoran atau mall di kota Bogor. Demikian pula roti dan kuenya. Rata-rata di bawah Rp 15.000.

Mencari tempat ini pun gampang. Ada sejumlah angkot yang melewatinya, antara lain, angkot dari Pasar Anyar atau dari Warung Jambu.

Kalau ke Bogor, mampirlah sekali-kali ke tempat ini. Pukul 6 pagi pun, toko ini sudah buka. Bisa ngopi-ngopi di sana sembari mencicipi aneka kue legendaris Bogor Permai…

One thought on “Bogor Permai, Toko Roti yang Melintasi Zaman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s