Penulis Biografi

SAYA adalah penulis biografi. Sejak menjadi wartawan Tempo hingga sekarang saya telah dipercaya menulis lebih dari 25 buku biografi. Baik yang ditulis sendiri maupun bersama tim.

Menulis buku biografi tidak bisa dikerjakan dengan sembarangan. Ia harus serius, harus dengan hati, harus memerlukan riset dan wawancara yang mendalam (baik dengan narasumber utama, narasumber kedua, ketiga dan seterusnya), harus pula tepat secara bahasa dan tata bahasa karena acap dalam sebuah biografi mengandung kosa kata lokal. Karena itulah penulis biografi yang baik ia selalu melihat pekerjaaannya,  tanggung jawab yang diberikannya itu sebagai hal menantang sekaligus menyenangkan. Dua hal yang ujungnya ia harus menghasilkan tulisan biografi yang bagus. Yang baik. Yang bermutu.  Menantang karena menulis biografi berarti harus mengenal sedekat-dekatnya dengan tokoh itu dan menyenangkan, karena siapa pun tokoh yang kita tulis pasti memiliki sisi-sisi yang sangat menarik. Yang harus diungkap.

Dua kriteria itu tidak merta mensyaratkan tokoh atau orang yang kita tulis masih hidup. Sebagai penulis biografi, menulis biografi tokoh yang sudah meninggal pun bagi saya tetap merupakan pekerjaan yang menantang dan menyenangkan. Itu sebabnya, saya kira, mereka yang biografinya saya tulis  -atau yang memesan penulisan biografi- menyatakan puas dan terimakasih atas tulisan saya.

Latar belakang saya sebagai wartawan majalah berita, merupakan salah satu hal yang membuat saya praktis tidak mengalami kesulitan dalam menulis biografi apa pun. Terbiasa menulis dengan teknik newsfeature (bertutur), melakukan riset mendalam, penulisan yang enak dibaca, menulis sesuai kaidah bahasa yang benar dan baik, semuanya menjadi bekal untuk menulis biografi yang baik  -menjadi penulis biografi.  Riset mendalam, dari sumber tertulis, wawancara dll,  sangat diperlukan terutama untuk menulis tokoh yang telah meninggal.

Tokoh yang saya tulis biografinya beragam:  dari pengusaha, peneliti, kepala daerah, petinggi TNI dll.  Mereka yang sudah meninggal dan saya tulis biografinya antara lain Jenderal TNI Daryatmo yang pernah menjadi Ketua DPR/MPR RI. Ada pun biografi lain yang saya tulis: Biografi Kapolri Jenderal Widodo  Budidarmo dan Komandan Pusat Polisi Militer Letjen Sulaiman A.B. Di Majalah Tempo saya juga beberapa kali memimpin proyek penulisan tokoh-tokoh nasional untuk edisi khususnya  yang sebenarnya masuk kategori buku biografi.

 

Ada yang unik dari menulis buku biografi Pak Sulaiman.  Mungkin karena sangat puas atas penulisan bukunya, saya kemudian diminta menjadi EO untuk acara peluncuran buku biografinya di Balai Kartini Jalan Gatot Subroto, Jakarta beberapa tahun lalu. Sejumlah petinggi TNI datang dalam acara yang sangat meriah itu.

Ada juga seorang kenalan yang memesan buku biografi untuk mengenang pamannya yang sangat dihormatinya  dan dinilai pengalaman hidupnya menarik dan pantas menjadi tauladan keluarga besar mereka. Biografi ini tidak tebal, hanya sekitar 100 halaman. Saya juga melayaninya dengan senang hati dan saya kerjakan “biografi ringkas” tersebut sama sungguhnya seperti saya mengerjakam biografi lainnya.

Berapa sebenarnya tarif menulis biografi? Tentu tidak akan saya ungkapkan. Tapi percayalah, sesungguhnya tidak mahal. Bagi saya, penulis biografi,  yang terpenting tentu kualitas –dan sesuai seperti apa yang diinginkan pemesannya. Nah, jika  memerlukan saya silakan hubungi lewat email: lestantyabaskoro@gmail.com atau WA  081310160271.

Berikut beberapa buku biografi lain yang pernah saya tulis.

 

 

Advertisements

2 thoughts on “Penulis Biografi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s