Angkutan Umum di Jakarta, Kini dan Dulu

Kenikmatan kini bisa dirasakan siapa pun yang ingin menggunakan moda transportasi angkutan umum di Jakarta. Tak hanya busway, yang bisa menghubungkan titik-titik lokasi penting di ibukota, juga MRT, dan tentu saja kereta commuterline yang memiliki rute Jakarta-Bogor, Tanahabang-Rangkasbitung, Jakarta-Bekasi, juga, Stasiun Duri-Tanahabang. Mau lebih pribadi, silakan naik grabcar atau sejenisnya.

Pasang iklan di kereta commuterline klik: Pasang iklan di kereta commuterline dengan harga murah

 

Busway -Transjakarta

 

Pasang iklan di Bus Transjakarta: Pasang iklan di bus Trans Jakarta, Damri, Trans Jabodetabek

Dulu, lima apalagi sepuluh tahun silam, mencari dan naik kendaraan umum di Jakarta bisa dibilang menyebalkan. Tak hanya bus, semacam PPD, atau metromini, yang “wajahnya” butut, juga para penumpang bisa diberlakukan seenak perutnya oleh awak bus.  Bus ngetem lama, baru jalan jika sudah penuh, atau, ini yang paling menjengkelkan, diturunkan dan dipindahkan di tengah jalan.  Dan, siksaan itu ditambah pula dengan  waktu tempuh yang panjang karena kemacetan.

Metromini – Kopaja (2019), kini makin jarang melintas di Jalan Sudirman, Jakarta

 

Saya tak terhitung lagi mengalami hal ini. Naik bus Kopaja 66 Blok M-Manggarai dan kemudian dioper ke bus lain  dengan alasan macam-macam: penumpang sedikit, bus akan kembali ke pool dll. Tentu saja yang kasihan bila penumpang tersebut wanita atau orangtua. Harus tertatih-tatih turun dan di bus baru belum tentu dapat kursi, karena bus itu biasanya sudah penuh.

Sudah hampir lima tahun saya tidak pernah lagi naik metromini, kopaja atau sejenisnya. Saya lebih menikmati naik angkutan umum di Jakarta bernama kereta commuterline yang bersih, ber-ac, dan nyaman. Turun di stasiun terdekat,  tempat di mana saya akan tuju, dan kemudian jalan kaki atau naik busway. Tak mengeluarkan  uang cash karena semua menggunakan kartu.  Jika saya pergi ke kantor  misalnya, saya turun di Stasiun Sudirman kemudian berganti naik busway dan kemudian tinggal jalan kaki.  Jika ke LPDS, misalnya, bahkan hanya jalan kaki dari Stasiun Gondangdia. Tak lebih sepuluh menit.  Tak merasakan kemacetan karena busway memiliki jalan sendiri dan juga, jika jalan kaki, kaki saya memiliki “jalan” sendiri….

Agen resmi pasang iklan di kereta commuterline: Agen resmi pemasangan iklan di kereta commuterline

Yang paling menyenangkan  jika pulang malam dan kemudian naik busway di Jalan Sudirman. Sejak sekitar dua  bulan lalu,  jembatan busway  yang  biasa saya gunakan tersebut dipercantik,  diberi lampu warna-warni. Indah. Banyak pemakai jembatan menyempatkan diri berfoto jika berada di atas jembatan ini.

Jembatan Busway Jalan Sudirman, siang

 

Hal sama kini di Stasiun Sudirman. Jalan  di sisi utaranya sekarang  terlarang untuk kendaraan umum dan lorongnya berwarna-warni berkat permainan cahaya. Di sini semua transportasi umum ada: MRT dan kereta bandara. Stasiun Sudirman memang dirancang sebagai “stasiun hup” untuk penumpang yang ingin bepergian ke tempat lain. Sebelumnya, tempat ini kumuh dan selalu macet.  Situasi yang membuat stress mereka yang di dalam mobil, dan mungkin yang melihatnya.

Pasang iklan di Majalah Tempo: Cara pasang ikllan di Majalah Tempo

Apa yang bisa ditarik dari perubahan angkutan umum di Jakarta. ini? Menurut saya : Bahwa semuanya bisa dilakukan jika dikehendaki!  Jika perencana kota mau bekerja untuk warganya, jika duit  tidak dikorupsi dan digunakan untuk membenahi dan membuat fasilitas untuk rakyat. Karena itulah warga Jakarta mesti cerdas memilih pemimpin dan wakilnya di DPR Yang berani melawan koruptor, yang berani menegakkan kebenaran, yang mengabdi untuk rakyat siapa pun dia  -tak peduli agama, suku, ras dsb. Jika pemimpin hanya bisa beretorika, berkata-kata, dia tak layak memimpin.  Apalagi hanya tunduk pada satu golongan. (Lestantya R. Baskoro dalam catatanbaskoro.wordpress).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s