Transportasi Stasiun Sudirman-Blok M

SETAHUN terakhir, sepekan sekali, saya punya kesibukan lain: mengajar jurnalistik di sebuah tempat di dekat kompleks pertokoan yang ingar bingar di Jakarta Selatan.

Jasa pemasangan iklan di kereta commuterline: Agen Iklan Kereta Commuterline – Jasa Pemasangan iklan Commuterline

Selalu naik kereta ke Jakarta, turun di Stasiun Sudirman atau disebut juga “Dukuh Atas” lantas naik ojek atau Kopaja 19 –menembus kemacetan ibu kota. Jika hari terik, sungguh badan akan berkeringat dan mata silau terkena sinar matahari.

Pasang iklan di Commuterline: Pasang iklan di kereta Commuterline dengan harga murah

Pertumbuhan kendaraan di ibu kota tumbuh seperti deret ukur, sementara jalan tumbuh seperti deret hitung. Tak heran kemacetan terjadi di mana-mana. Setiap hari ada 18 juta kendaraan bermotor di Jakarta, dan setiap tahun naik sekitar lima persen.

Kini mulai ada yang berubah.  Sesuatu yang harus dilakukan jika tak ingin kota ini menjadi kacau. Perubahan itu, “revolusi angkutan publik.” Ini yang terjadi di Jakarta sekarang. Dimulai dari Gubernur Sutiyoso yang meresmikan busway, dilanjutkan gubernur lain, khususnya Jokowi, dan Ahok, transportasi Jakarta berbenah dan berubah cepat, terutama di jalan-jalan utama. Ada pun Gubenur Anies, sejauh ini saya lihat berjasa mempercantik trotoar. Presiden Jokowi  ngebut menyelesaikan MRT –kereta bawah tanah- yang asyik dan membanggakan tersebut.

Pasang iklan di bus Transjakarta: Jasa Pemasangan Iklan di BusTransjakarta, Damri

Saya terkena dampak semua ini. Kini jika ke Blok M atau arah Ratu Plaza, saya hinggap dari satu transportasi publik ke transportasi publik lain: kereta dan bus Transjakarta. Bekalnya hanya selembar kartu untuk melakukan tap. Naik  Bus Transjakarta cukup Rp 3.500. Kereta Commuterline tak lebih Rp 5.000.  Dengan kartu ini saya masuk-keluar stasiun, berjalan kaki sekitar lima menit ke halte bus Transjakarta, naik bus ber-AC, dan di atas semua itu: bebas dari macet, bebas dari terik matahari, bebas dari debu.  Haltenya pun, tak kalah indah, dan sangat instagrammable.

Jika pergi dari Bogor, saya hitung tak lebih dari dua jam saya sudah sampai Blok M. Bahkan kadang kurang dari itu.

Makanan praktis untuk acara bersama di Bogor, fried chicken Orchi: Makanan untuk acara wisata, ulangtahun, anak yatim di Bogor

Ayam Goreng enak dan murah di Bogor: Fried Chicken ayam goreng enak dan murah di Bogor

Saya yakin, jika transportasi publik ini memberi kemewahan dan keamanan, orang akan berpindah dari mobil pribadi, sepanjang tempat yang ia jangkau bisa menggunaka transportasi itu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s