Menulis Laporan yang Efektif

Banyak orang bisa menulis, tapi sedikit yang bisa menulis secara efektif. Akibat tulisan tidak efektif, dampaknya bermacam-macam: pembaca tak paham yang dimaksud, pembaca pusing membaca isi tulisan, dan jika pembacanya atasan kita, dapat dibayangkan apa yang terjadi. “Nilai” kita di matanya bisa turun.

 

Bagaimana menulis opini atau pendapat, klik ini Cara Menulis Opini yang Efektif dan Mudah

Bagaimana menulis efektif, menulis laporan efektif, itulah yang saya berikan, ajarkan akhir Juni silam kepada sejumlah karyawan Bank Indonesia di Balikpapanen bersama Fresh Consultan, sebuah lembaga yang mengkhususkan diri dalam bidang pelatihan dan berpusat di Yogya. Walau acaranya di Balikpapan, tapi para peserta bukan dari Balikpapan. Mereka karyawan Bank Indonesia dari Padang yang datang ke Balikpapan untuk melakukan studi banding. Nah, salah satu acaranya adalah belajar bagaimana membuat laporan efektif.

Peserta pelatihan Bank Indonesia Padang, Sumatera Barat

Acaranya digelar di Hotel Aston yang terletak di pinggir laut. Saya diinapkan di sebuah kamar yang bagi saya terlalu besar. Tak enak sendirian di sebuah kamar yang terdiri dari sejumlah ruang dan dapur itu. Sepanjang malam, debur ombak terdengar tak henti-henti.

Ini cara menulis feature: Cara Menulis Feature yang Bagus dan Efektif

Cara memasang iklan di Majalah Tempo:Cara Memasang Iklan di Majalah Tempo

Berbagi ilmu adalah hal yang saya sukai. Apalagi jika pesertanya kritis dan banyak  bertanya. Selama sekitar lima jam saya menerangkan teknik bagaimana menulis sebuah laporan efektif.

Bersama dua teman dari Fresh Consultan Yogyakarta yang mendampingi selama sesi penulisan efektif.

Tulisan efektif tak melulu meliputi bagaimana pemilihan diksi dan ketepatan menggunakan kata dan bahasa. Namun juga meliputi struktur, penggunaan lead, argumentasi isi, serta judul. Perlu pemilihan kata yang cergas untuk judul tulisan sehingga judul itu membangkitkan minat pembaca untuk membaca isinya. Jika sebuah laporan, tentu minat  membaca penerima laporan tersebut  -atasan misalnya.

Mengajar menulis opini untuk BKKBN, silakan klik  :Memberi Pelatihan Menulis Opini, Feature di BKKBN

 

Dalam pelatihan, saya berikan contoh-contoh kalimat yang tidak efektif dan kemudian diubah menjadi kalimat efektif: singkat, tepat, menarik.

Senja di Hotel Aston, Balikpapan

Kepada peserta saya terangkan pula bagaimana pentingnya outline dan menyusunnya sehingga kita gampang dan cepat menulis sebuah laporan. “Ternyata jika tahu caranya, kita bisa menulis lebih cepat,” ujar seorang peserta.

Saya senang, setidaknya ia telah menyerap apa yang saya berikan. Semoga pelatihan sehari yang saya berikan  berguna  bagi para “calon” pejabat Bank Indonesia di Padang itu. Sore setelah pelatihan, saya menikmati pantai dan debur ombak yang menerpa kaki-kaki hotel Aston.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s