Bahasa Media Siber Kita

Oleh: Lestantya R. Baskoro —

(Catatan: tulisan ini sudah dimuat di Majalah Tempo, April 2020)

PERLAHAN  tapi pasti mesin pencari Google  “mempermak” bahasa Indonesia. Pahamkah  Anda dengan kalimat ini? “Gubri ke Thailand, Ini Kerja yang Dilakukannya” atau “Alhamdulillah Gubsu Negatif Corona,”  atau lagi  “Terduga Klitih Babak Belur Dikeroyok di Yogyakarta.”  Jika bingung, carilah kata itu pada  Google   dan tahulah kita: gubri akronim gubernur Riau, gubsu artinya  gubernur Sumatera Utara, dan klitih  istilah kejahatan jalanan yang dilakukan remaja.

Cara menulis opini yang baik: Cara Menulis Opini

Media siber di Sumatera Utara atau Provinsi Riau  terbiasa memakai istilah “gubsu” dan “gubri.”  Hal sama dilakukan media siber  di Yogyakarta untuk kata “klitih.”  Para wartawan media online di daerah itu mahfum,  tidak hanya sebuah judul  panjang “tak ramah Google,” tapi akronim  “gubsu,”  “gubri, atau “klitih” lebih dan  telah familiar di Google. Pembaca akan mengetik kata itu di Google jika mencari berita berkaitan dengan hal tersebut. Dan semakin banyak yang  entri “gubsu,” “gubri,” atau klitih, maka  kata-kata itu makin kuat “tertanam” di Google.

Media siber yang kini jumlahnya sekitar 47.000 lebih itu –lewat Google- telah menjadi kekuatan  “mengubah” bahasa Indonesia dan menyebarkan sekaligus mempopulerkan  istilah baru atau  bahasa lokal. Kata dan istilah  yang terkesan asal tapi kadang asyik di kuping.  Pengelolanya, yang membidik  segmentasi pembacanya  warga daerah mereka tak peduli  pembaca  luar paham atau tidak.  Di Nusa Tenggara Timur, misalnya, media siber lokal membuat  judul semacam ini:  Gubernur VBL Terus Tancap Gas. Atau Gubernur VBL Berharap NTT Negatif Covid-19.  Apa itu  VBL?  Nama sang gubernur, Viktor Bungtilu Laiskodat.

Hukum algoritma Google yang untuk judul berita tak boleh lebih dari sekitar 50 karakter  -jika lebih ia tak terekam dengan baik di Google- membuat para redaktur media  siber  “menciptakan” kata seefisien mungkin. “ideologi” soal ini:  kata itu  singkat dan menarik  sehingga jika ia disambung dengan sebuah predikat jangan sampai lebih dari 50 karakter.  Istilah nyeleneh “begal payudara” untuk perbuatan asusila memegang payudara jelas yang mempopularkan media siber. Polisi sendiri, untuk tindakan demikian,  lebih banyak menyebut “perbuatan cabul.”

Dengan “hukum” semacam ini pula  tak mungkin redaktur yang paham teknik SEO – Search engine optimization- membuat judul  semisal Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat Berharap Nusa Tenggara Timur  Negatif Covid-19.  Tak ramah Google.

Karena itu pula  tak perlu heran misalnya, akronim  yang biasa dipakai juru bicara kepolisian mendapat tempat di media siber. Seperti laka lintas (kecelakaan lalu lintas), pekat (penyakit sosial) atau sajam (senjata tajam). Istilah-istilah  ini makin memasyarakat  -dan semakin menjadi “bahasa umum”-  karena  kepolisian merupakan salah satu sumber utama berita bagi wartawan. Hampir setiap hari ada pencurian dengan kekerasan (yang  polisi mengistilahkannya “curas”) atau  kecelakaan lalu lintas  (yang polisi mengistilahkannya laka lantas).   Laka Karambol  di Jalan Pantura, Satu Tewas,  demikian judul media siber di Jawa Tengah. Karambol? Artinya beruntun. Pembaca mahfum, laka adalah kecelakaan.

Sementara itu, sifat penulisan berita media siber yang cenderung cepat pada akhirnya  membuat wartawan  acap tak kritis. Lihatlah penulisan berita kriminal yang penuh dengan diksi  “pelaku,” “korban,” atau “tersangka.” Para wartawan memindahkan begitu saja istilah dari keterangan atau pers release polisi. Padahal kata-kata itu, agar berita  lebih jelas dan “enak dibaca” semestinya  diganti dengan nama atau inisial pelaku.

Demikian pula alinea akhir tulisan berupa kutipan yang banyak diakhiri dengan kata “pungkasnya.” Padahal bisa jadi saat wawancara yang dikatakan narasumber masih panjang dan banyak, belum pungkas . Hanya karena terletak di alinea terakhir, sang  wartawan secara asal  menutup kutipan  itu dengan  “pungkasnya.”  Bahasa jurnalisme siber boleh asyik, namun sifat kritis wartawan tak boleh terkikis. []

Cara membuat novel yang efektif: Cara membuat novel yang baik dan contohnya

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s